READ.ID, – Sebuah usaha Homestay milik Harry and Mimin akhirnya memindahkan lokasi mereka ke wilayah Kabupaten Gorontalo. Homestay yang banyak dikunjungi wisatawan asing ini terletak di Kelurahan Siendeng, Kota Gorontalo. Keberadaan Homestay ini mendapat penolakan dari warga sekitar, karena dianggap merusak moral anak-anak karena sebagian besar tamu yang menginap warga negara asing.

Hary and Mimin Homestay kini sudah mendapatkan lokasi baru untuk ditempati dan melanjutkan usahanya. Pasangan suami istri tersebut sudah membangun bungalow baru, di Desa Timuato, Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo.

Di lokasi barunya ini, Kehadiran H & M Homestay mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo, bahkan mereka sangat dipermudah dalam mengurus segala macam dokumen perijinan yang difasilitasi langsung oleh Dinas Pariwisata setempat. Dukungan seperti ini yang mereka tidak dapatkan di Kota Gorontalo.

Kepala Dinas Pariwisata Kabgor, Haris Tome, menyatakan siap membantu dan mendukung sepenuhnya kehadiran H & M di wilayahnya.

“Hary and Mimin Homestay itu merupakan salah satu aset wisata yang paling berharga di Gorontalo, sayangnya ditelantarkan. Dan saat mereka minta ijin untuk membangun bungalow di wilayah Kabgor, kami menyatakan siap membantu dan memfasilitasi. Terutama dalam hal perijinan dan lainnya,” kata Haris.

Haris Tome menegaskan, apa yang dilakukannya itu merupakan salah satu bentuk dukungan untuk pengembangan usaha penunjang pariwisata di Kabupaten Gorontalo.

“Dengan kehadiran H & M Homestay di Kabgor, kan ikut menunjang usaha masyarakat di sekitarnya. Seperti usaha kuliner, sewa mobil dan faktor penunjang kebutuhan para wisatawan yang menginap di Homestay itu,” tutup Haris.

Saat ini H & M Homestay di Desa Timuato sudah langsung menerima wisatawan yang menginap, karena sejak masih ditempat sebelumnya mereka sudah full book sampai tahun 2019 mendatang.