READ.ID,- Sejak menjabat Gubernur Gorontalo selama dua periode, Fadel Muhammad sering melaksanakan acara Tabligh Akbar di rumah dinas. Banyak para habaib yang di undang datang berceramah di Gorontalo. Fadel saat itu dikenal dekat dengan para ulama terkenal di Indonesia maupun ulama dari luar negeri.

Alasan Fadel mengundang Ustadz Abdul Somad untuk datang ke Gorontalo, salah satunya sebagai bentuk kekagumannya terhadap cara UAS berceramah. Selain karena Faktor kecerdasan UAS dalam memberikan materi dakwah yang mudah dipahami oleh jamaah.

Menurut Fadel, UAS salah seorang berpendidikan di Al-Azhar, bahkan Fadel menggambarkan sosok Ustadz Somad salah satu Foto Copy memory, karena setiap apa yang dibaca, kata Fadel, langsung cepat dihafal oleh UAS.

“Saya tidak mau bicara berlebihan soal UAS, yang pasti saya sangat mengaguminya, selain pendidikannya bagus, dia juga saya istilahkan foto copy memory karena daya ingatnya sangat tinggi,” ujar Fadel.

Di zaman sekarang ini, kata Fadel, sudah jarang orang-orang seperti Ustadz Somad yang memiliki daya ingat yang tinggi. Orang-orang seperti ini, yang memiliki kelebihan hanya ada pada zaman nabi.

“Zaman sekarang sudah jarang kita temui orang-orang seperti UAS. Apa yang dibacanya langsung menempel diingatan. Kelebihan seperti ini hanya ada pada zaman imam Syafie. Bahkan dikelas internasional itu hanya Habib Umar Bin Hafidz,” pungkas Fadel.****