READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo sangat optimis jika relawan demokrasi yang direktut nanti, meski bekerja hanya tiga bulan, mereka memiliki integritas yang tinggi.

“Terungkap dari hasil pertemuan KPU Kabupaten/Kota tadi, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) relawan demokrasi yand direkrut sebagian besar adalah anak muda,” kata Salahudin Pakaya, salah satu penyusun Modul bahan untuk Relawan Demokrasi di Provinsi Gorontalo.

Ia menambahkan SDM yang direkrut paling banyak anak muda, tentu semangat mereka yang ingin bekerja juga sangat diharapkan, namun terpenting mereka juga harus berintegritas.

“Saya yakin setiap orang punya potensi menyampaikan informasi kepada orang lain dan bisa menerima apa saja apalagi yang positif khususnya tentang kepemiluan,” ia menambahkan.

Lewat modul yang telah disusun oleh beberapa tim, nantinya mereka akan tahu apa yang perlu disampaikan, dan bagaimana menyampaikan dan menggugah para pemilih untuk menggunakan hak pilih, itu nanti tetap akan diajarkan.

Ia mengakui akan siap memberikan bimbingan teknis di setiap kabupaten/kota, sebab mereka nanti dituntut untuk bergerak cepat, dan setiap hari akan bicara soal pemilu yang demokratis dan pemilu yang berintegritas.