READ.ID, – Menristekdikti Mohamad Nasir dijadwalkan akan meresmikan Kampus Baru Universitas Negeri Gorontalo (UNG) pada tanggal 24 Januari 2019.

Direktur Eksekutif IDB UNG Eduart Wolok mengakui , perjuangan selama kurang lebih 10 tahun dalam mengupayakan pembangunan kampus baru UNG tersebut, akhirnya selesai juga.

“Proses Persiapan dalam pembangunan kampus baru UNG yang terletak di Kabupaten Bone Bolango itu, dimulai sejak tahun 2008,” kata Eduart Wolok.

Mulai dari tahap penyusunan, persiapan, serta pengusulan, Ahamdulillah setelah melalui proses panjang tersebut, tahun 2014 proses pembangunan mulai terimplementasi.

Lewat Memorandum of Understanding (MoU) yang di laksanakan pada 23 Juni 2016 silam, antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG), kini kampus tersebut siap direskimankan.

Ia menuturkan proses pembangunan kampus baru UNG, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Dr. Wiranto, serta Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. Mohamad Nasir, yang di lankasan pada tahun 23 Juli 2017 silam.