READ.ID – Dengan dibentuknya Relawan Demokrasi secara Nasional dan khususnya di Provinsi Gorontalo, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Mantan Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Salahudin Pakaya yang juga salah satu penyusun Modul Relawan Demokrasi di Provinsi Gorontalo mengatakan tingkat partisipasi yang tinggi terkadang dipengaruhi oleh mobilisai oleh partai atau calon tertentu bukan karena kesadaran untuk menggunakan hak pilih.

“Sehingganya, kami menargetkan relawan demokrasi juga harus bisa membangun kesadaran bagi pemilih untuk menggunakan hak pilihnya,” kata Salahudin Pakaya.

Jika kesadaran menggunakan hak pilih sudah tumbuh, maka tingkat partisipasi tetap terjaga atau malah bertambah, dengan kualitas demokrasi yang lebih baik.

“Bagaimana carannya setiap pemilih datang ke TPS, benar-benar sadar apa itu hak pilih, dan menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Sehingganya didalam perekrutan nanti, agar KPU Kabupaten/Kota untuk merekrut relawan yang punya motivasi dan semangat kerja yang tinggi.

Selain itu mereka juga nantinya akan dibekali dengan pemahaman tentang apa pentingnya demokrasi dan kenapa harus ada pemilih dan untuk apa itu hak pilih.****