Sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan, pemilik Homestay Harry and Mimin, mendirikan Sekolah Alam di Kabupaten Gorontalo. Pendirian sekolah alam ini, bersamaan dengan pengembangan usaha H & M Homestay di Desa Timuato Kecamatan Telaga Biru.

Sekolah Alam yang diberi nama Timuato Institute itu, memberikan kursus gratis kepada anak anak sekitar. Kursus bahasa inggris menjadi materi utama setiap pertemuan yang digelar setiap hari sabtu. Mereka juga meminta para tamu bule untuk mengajar secara suka rela. Selain bahasa inggris, anak-anak peserta kursus juga diajarkan berbagai bahasa, menyesuaikan dengan asal negara para tamu yang datang menginap di tempat itu.

“Sebelum memulai kursus dimulai dengan permainan tradisional Gorontalo seperti lompat tali tengge tengge, lari kelereng. setelah itu mereka melanjutkan dengan kursus dan kegiatan rutin dilaksanakn setiap sabtu,” Terang Mimin, Minggu (4/11/2018)

Mimin juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Gorontalo yang telah mendukung atas keberadaan mereka di Kabupaten Gorontalo. Setelah sebelumnya mendapat penolakan di Kelurahan Siendeng Kota Gorontalo.

“Misi kami adalah mengembangkan desa timuato khususnya dan kabupaten Gorontalo pada umumnya,” ujar Mimin.

Sementara itu kepala dinas pariwisata Haris Tome menambahkan, apa yang dilakukan para pengelola homestay merupakan salah satu bentuk dukungan untuk pengembangan usaha penunjang pariwisata di Kabupaten Gorontalo.

“Dengan kehadiran H & M Homestay di Kabgor, ikut menunjang usaha masyarakat di sekitarnya. Seperti usaha kuliner, sewa mobil dan faktor penunjang kebutuhan para wisatawan yang menginap di Homestay itu,” tutup Haris Tome.