READ.ID –Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga Provinsi Gorontalo RamlaHabibie mengatakan bahwa, SMK harus mampu menyiapkan lulusan siswa yangmempunya jiwa Enterpreneur.

“Jadi mereka para siswa SMK ketika lulus nanti, bukan saja terampil di bidangnya, tapi juga memiliki wawasan entrepreneur,” kata Ramla Habibie, saat mengunjungi SMK 1 Batudaa, Kabupaten Gorontalo, Sabtu.

Dalam kesempatan itu Ramla Habibie, mengapresiasi budidaya ikan lele yang dikembangkan sendiri oleh siswa – siswi SMK Batudaa.

Menurutnya bahwa, penting bagi sekolah khususnya SMK, untuk bisa berinovasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, dengan harapan, kedepan SMK mampu melahirkan lulusan yang tak hanya pintar secara teori, tapi juga memiliki.wawasan wirausaha.

Sementara itu Kabid Pembinaan SMK Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Ernawaty Panu, mengatakan, lulusan SMK juga diharapkan menjadi tenaga terampil di bidang agribisnis perikanan yang dapat mengisi peluang kerja baik lokal maupun nasional.

“Mereka harus bisa mandiri, sehingga keberadaan mereka bisa mendorong pengembangan sektor agribisnis di daerah,” ujar Ernawaty.

Ia berharap kepada para siswa SMK agar sejak dini sadar akan lingkungan, sehingga bisa lahir generasi mencintai dan peduli dengan lingkungan hidup.