READ.ID,- Perjuangan panjang pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (UNG), akhirnya terwujud. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Fakultas Kedokteran kepada Rektor UNG yang turut disaksikan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim dan ribuan civitas akademika UNG di auditorium UNG, Kota Gorontalo, Kamis (24/1/2019).

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, penyerahan SK tersebut merupakan upaya Kemenristekdikti dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Gorontalo.

“Saya mendorong di Gorontalo juga ada pendidikan kedokteran. Atas usulan seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo, UNG diajukan untuk memiliki Fakultas Kedokteran. Setalah dievaluasi, ternyata di UNG sudah layak dibuka pendidikan kedokteran. Untuk itu saya ucapkan selamat kepada UNG yang telah memperoleh izin pendidikan dokter dan pendidikan profesi kedokteran,” kata Mohamad Nasir.

Menristekdikti juga mengapresiasi tekad dan upaya seluruh civitas akademika UNG untuk menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Upaya tersebut ditunjukan oleh UNG yang telah memperoleh akreditasi A hanya dalam kurun waktu singkat setelah perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Gorontalo ini berstatus sebagai universitas.

Lebih lanjut Mohamad Nasir berharap hadirnya Fakultas Kedokteran bisa berjalan dengan baik dengan melahirkan lulusan yang berkualitas dalam melayani kesehatan masyarakat di Provinsi Gorontalo.

“Mudah-mudahan Fakultas Kedokteran ini bisa berjalan dengan baik, sehingga menghasilkan anak didik yang bisa melayani masyarakat,” ujar Menristekdikti.

Sementara itu Wagub Idris Rahim mengaku sangat bersyukur dengan diserahkannya SK Fakultas Kedokteran UNG. Menurutnya hal itu merupakan berkah bagi pemerintah dan seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo yang terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah, akhirnya apa yang didambakan oleh masyarakat Gorontalo untuk memiliki Fakultas Kedokteran bisa terwujud. Ini merupakan berkah bagi pemerintah dan masyarakat Provinsi Gorontalo yang tengah memperingati Hari Patriotik 23 Januari,” tutur Idris.

Fakultas Kedokteran UNG akan memulai proses penerimaan mahasiswa baru pada tahun ajaran 2019/2020. Untuk angkatan pertama ini, jumlah mahasiswa yang akan diterima kurang lebih 50 orang.****