Walikota Gorontalo Marten Taha

GORONTALO, POLITIK – Berbekal keilmuannya di bidang manajemen, Marten Taha mampu menunjukkan kepiawaiannya memimpin Kota Gorontalo. Tak cuma sukses di pemerintahan, Marten pun punya jejak rekam di politik yang layak diancungi jempol.

Di bidang pemerintahan, sedikitnya ada 218 penghargaan yang berhasil diraih Marten Taha di periodenya yang pertama.  Sebut saja opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di pengelolaan keuangan daerah, pendidikan, tata kelola pemerintahan, hingga layanan publik. Bahkan Marten menjadi salah satu insiator kota layak anak.

Khusus di bidang ekonomi, pemerintahan Marten Taha mampu menekan pertumbuhan inflasi, hingga berada di bawah target nasional.  “Ini berkat reaksi cepat kami jika ada harga yang naik, langsung cek di lapangan,” kata Marten Taha, belum lama ini.

Di Politik, Marten Taha tidak bisa dilihat sebelah mata. Tahun 90 an, kala masih satu dengan Sulut,  Golkar Gorontalo khususnya sempat terbelah, karena pemilihan walikota.  Dan Marten adalah salah satu tokoh yang mampu menyatukan kembali para kader beringin kala itu.

Tak cuma itu, menjelang pemilihan walikota periode kedua beberapa waktu lalu, lagi-lagi Marten menjunjukkan kelasnya. Saat lawan lawan politik merasa di atas angin, karena pasangan Marten – Riyan atau MATAHARI sempat dicoret dari peserta pemilu,  Marten justru bersikap tenang. Hingga akhirnya, kembali ke medan laga dan keluar sebagai pemenang.

Marten Taha menjadi satu-satunya figur Walikota, yang berhasil mematahkan anggapan bahwa pimpinan di Kota Gorontalo, tidak bisa sampai dua periode. “Itu prestasi luar biasa,” kata Jubir Khusus Walikota Yudin Laliyo. (GN-01)